Jujur Itu Memang Nikmat! Seperti Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen


Segala sesuatu yang disertai dengan kejujuran itu memang nikmat. Nggak cuma kamu doang yang bisa meminta kejujuran ke gebetanmu, kopi juga bisa menghadirkan kejujuran dalam setiap tetesnya. 

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen. 

Barangkali makna jujur dalam Kopi Jujur ini melambangkan secangkir kopi yang berasal dari biji kopi yang disangrai dan dihaluskan, lalu diseduh dengan air panas untuk kemudian disajikan dengan begitu saja. Ya… begitu saja, tanpa krimer, tanpa essen, tanpa whipped cream bahkan bisa jadi tanpa gula.

Dari tagline-nya, Kopi Jujur seolah ingin menyuguhkan secangkir kopi yang apa adanya. Penuh keterusterangan, original, cita rasa yang tinggi, dan kualitas yang berkelas. Loh, kok gitu?

Iya dong. Secangkir kopi yang disuguhkan dengan apa adanya, tentu memiliki kualitas biji kopi yang baik. Sebab, biji kopi yang baik memiliki aroma yang kuat dan rasa yang khas. Di mana aroma ini tidak akan didapatkan dari kopi yang berkualitas kurang baik. Itulah sebabnya beberapa kedai kopi menggunakan essen untuk memperkuat aroma kopi yang mereka suguhkan kepada konsumen.

Essens adalah aroma buah-buhan yang dibuat dari senyawa ester yang aromanya bermacam-macam tergantung ester penyusunnya. – apa-itu.net




Manfaat Minum Kopi


• Meningkatkan fungsi otak
• Mengurangi resiko diabetes tipe 2
• Melindungi organ hati
• Menurunkan resiko stroke
• Menguatkan antioksidan dalam tubuh
• Membuat lebih bahagia
• Mencegah depresi

Untuk beberapa orang yang bukan pengopi, mungkin minum kopi bisa memberikan efek jantung berdebar, atau yang paling sering adalah tidak bisa tidur. Untuk aku sendiri, aku lebih cocok minum kopi hitam daripada kopi instan di pasaran.

Aku saranin untuk orang-orang yang tidak terbiasa minum kopi tetapi harus minum kopi di suatu keadaan tertentu, sebaiknya makan dulu ya. Dan jika memiliki sakit maag atau asam lambung, sebaiknya pilih kopi dengan kadar asam yang lebih rendah.

Dari bincang-bincangku dengan para pecinta kopi dan salah seorang pakar, mereka bilang kopi hitam jauh lebih baik untuk dikonsumsi dan lebih aman untuk lambung. Tetapi balik lagi, kamu pasti lebih tahu kondisi tubuhmu ya. Jadi pastikan memilih kopi yang tepat untuk kamu.





Jenis Biji Kopi

Dalam dunia perkopian, ada dua jenis biji kopi, yaitu Robusta dan Arabika. Ciri-ciri keduanya bisa dilihat di sini :






How To Serve Your Coffee

Kalau kita ingat-ingat film Filosofi Kopi yang diangkat dari novel karya Dee Lestari dengan judul yang sama, tokoh utama di film tersebut tampak mati-matian menyajikan kopi dengan rasa ternikmat. Mulai dari menyangrai kopi, menggiling, hingga suhu air dan jenis filter pun menjadi perhatiannya dalam membuat kopi.

Tapi, apa iya membuat kopi seribet itu?
Ya.. kalau kamu ikut lomba seperti tokoh di film tadi, mungkin iya. Tapi kalau kamu hanya ingin menikmati secangkir kopi versi terenak buatanmu, mudah kok.


A good brew = correct grind + proper heat + blend time!




Budaya Ngopi

Menurutku, budaya ngopi ini sudah ada sejak zaman kakek-nenek kita dulu, bahkan lebih lama sebelumnya. Walaupun di Jakarta, budaya ini mulai tampak sejak tahun 1990-an, berbarengan dengan menjamurnya pusat perbelanjaan.

Secangkir kopi adalah hal yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, baik yang muda maupun yang tua, miskin dan kaya, sakit dan sehat, semua orang punya hak yang sama untuk menikmati secangkir kopi. See? Sesederhana itulah filosofi kopi dan kedudukannya dalam kehidupan ini.



Makanya, ketika melihat tagline Kopi Jujur, seolah-olah segala kesederhanaan kopi melekat bersamanya.

Harga kopi pun beragam, mulai dari < 10.000 sampai dengan > 50.000, tergantung di mana membelinya dan seperti apa tampilannya.

Bahkan, dalam setiap tulisannya, Om Andrea Hirata menceritakan betapa ngopi adalah hal yang sangat akrab dengan masyarakat melayu Belitung. Ketika hidup terasa sulit, segalanya menjadi mudah di dalam secangkir kopi. Kopi yang beliau ceritakan juga kopi hitam, kopi asli tanpa campuran essen.

Dewasa ini, budaya ngopi semakin merebak seiring menjamurnya kedai kopi kekinian di masyarakat. Jenis kopi yang ditawarkan pun beragam, mulai espresso (yang notabenenya kopi hitam pekat) hingga berbagai jenis latte dengan campuran essen, whipped cream, krimer dan sebagainya.





Apa itu Kopi Blockchain ?

Kopi Blockchain (KOPI) adalah sistem digitalisasi komoditas kopi yang menggunakan teknologi blockchain pada Platform Ethereum. Singkat kata, Kopi Blockchain adalah kopi digital.

Kopi ini sendiri bukan untuk diminum, melainkan untuk diperjualbelikan dalam bentuk aset crypto berupa token. Cara penukarannya dapat dilakukan menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau dengan melakukan penyelesaian Instan menggunakan aset crypto yang aku sebutkan tadi.

Di mana bisa didapatkan Kopi Blockchain?
1. Aplikasi Digital KOPI di Android/Website
2. Aplikasi Platform Etherium di Android
3. Melalui penjual yang ditunjuk oleh manajer Situs

Jadi, Kopi Blockchain ini didesain untuk mensejahterakan para petani kopi. Teknologi ini memungkinkan pembeli langsung membeli kopi dari petaninya. Hasilnya, para petani mendapatkan harga jual sesuai di pasaran tanpa melalui perantara yang mungkin saja membeli biji kopi mereka dengan harga jauh di bawah harga pasaran.



KOPI Blockchain ini dikelola oleh PT Cyber Persada Nusantara, yang tidak lain merupakan perusahaan yang mengembangkan dan mengelola merk The Bencoolen Coffee.



Kopi mengatasi rasa haus dalam bentuk yang lain. Haus ingin bicara, haus ingin mendengar, dan ingin didengar. -- Andrea Hirata



Kira-kira, The Bencoolen Coffee itu apa ya?

Pada tahun 2019, Provinsi Bengkulu berhasil memenangkan tiga kategori awards dalam ajang Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for Valorization of the Agricultural Products) Prancis. Kemenangan ini dianggap sebagai keberhasilan Gubernur Bengkulu—Rohidin Mersyah—dalam membangun branding kopi provinsi tersebut. Kopi Bengkulu yang berhasil menyabet penghargaan itu adalah Bencoolen Rejang Lebong, Bencoolen Kepahiang, dan Bermani Coffee Rejang Lebong.

Jadi, The Bencoolen Coffee ini adalah jenis kopi robusta yang mempertahankan keaslian dan kemurniannya.





Kopi Jujur Lawan Corona

Di tengah pandemi Corona ini, Kopi Jujur muncul dengan Aksi Satu Juta cup KOPI JUJUR Gratis. Dalam aksinya, Kopi Jujur juga mengajak seluruh komunitas kopi, barista se-Indonesia, pengusaha, public figure, influencer, youtuber dan seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung aksi ini.



Seperti yang kita tahu, garda terdepan Indonesia dalam menangani pandemi ini pasti mengalami kelelahan yang luar biasa. Untuk itulah, Kopi Jujur menawarkan satu juta cup kopi gratis untuk menjaga stamina para tenaga medis, membantu menahan rasa kantuk mereka yang bertugas 24 jam, dan sebagainya. Karena Kopi Jujur adalah kopi hitam tanpa campuran essen, jadi segala kebaikan dalam kandungan segelas kopi ada di dalamnya.

Tidak hanya itu, aksi ini juga menyasar pengemudi ojek, supir taksi serta buruh lepas. Tidak heran, dalam unggahan video youtube-nya, tim Kopi Jujur menemukan kegetiran-kegetiran yang dialami oleh orang-orang terdampak Corona ini.

Nah, kamu mau ikutan mendukung aksi ini?

Gampang banget!

Cukup bantu share, like, support penyebarluasan informasi kegiatannya yang bisa kamu temukan di website Kopi Jujur.

Atau, kalau kamu tertarik menjadi relawan dalam Aksi Satu Juta Cup KOPI JUJUR Gratis, cukup buka website kopijujur.id lalu klik “Daftar”. Kemudian, isi datamu dengan lengkap ya.



Atau jika kamu ingin bersinergi dengan Aksi Satu Juta cup KOPI JUJUR Gratis dan menjadi donatur, donasi bisa dikirimkan ke :





Kesimpulan

Kalau kejujuran secangkir kopi aja bisa dipertanyakan, bagaimana dengan kejujuranmu? 
Sebagai warga negara Indonesia, kehadiran Kopi Blockchain sebagai komoditas kopi digital pertama tentu sangat membanggakan. 

Budidaya kopi Robusta se-Indonesia khususnya Bengkulu, semakin ke sini semakin diberdayakan. Tidak diragukan lagi, kualitas kopi Indonesia kian hari kian berkelas. Untuk itu, mari dukung gerakan #KopiJujurLawanCorona. Selain memberi support pada kegiatan baik ini, kita juga bantu mempromosikan kejujuran kopi dalam gelasnya. 

Hanya segelas kopi yang tak pernah banyak tingkah! -- Andrea Hirata


Referensi

https://nationalcoffeeblog.files.wordpress.com/
www.kopidewa.com
https://www.vecteezy.com/
https://kopijujur.id
https://kopiblockchain.io/
www.apa-itu.net



Post a Comment

3 Comments


  1. Kak katanya banyak2 ngopi nanti mati

    ReplyDelete
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    ReplyDelete